SELAMAT BERGABUNG

SELAMAT BERGABUNG, MULAILAH DENGAN MEMILIH TOPIK YANG ANDA BUTUHKAN

Sabtu, 27 November 2010

MEMFORMAT CELL ATAU RANGE

Hampir semua aktivitas pada lembar kerja Excel diawali dengan mempersiapkan tabel karena data data yang ada akan diolah dan ditampilkan dalam bentuk tabel, untuk itu mari kita berlatih memformat text (data label) sekaligus mempersiapkan tabel agar tampil lebih menarik. Selain itu data numerik juga membutuhkan pengaturan, misalnya untuk mengubah tampilan bilangan biasa menjadi bilangan yang bernilai mata uang dll

Contoh judul tabel dan judul kolom tabel sebelum diformat

Contoh judul tabel dan judul kolom tabel sesudah diformat

Seandainya anda sudah tahu fungsi perintah yang dilambangkan dengan icon icon untuk memformat, anda bisa lansung menggunakan icon icon tersebut setelah mengklick cell atau memblok reange yang akan di format. Cara ini lebih cepat namun proses memformat cell akan lebih lengkap jika anda memulainya dengan mengklick kanan mouse sbb:
  • Klick cell atau blok range yang akan diformat
  • Klik kanan pada cell atau range yang akan di format, ditampilkan daftar perintah atau operasi yang bisa kita lakukan pada cell sebagai berikut;
  • Pilih perintah Format Cells, akan ditampilkan jendela Format Cells
Pada jendela dialog Format Cell tersedia 6 tab pilihan memformat:
  1. Number; untuk memformat tampilan data numerik
  2. Alignment; untuk memformat tata letak atau pengetikan text pada range
  3. Font; untuk memformat jenis, gaya, ukuran dan warna text
  4. Border; untuk memformat bingkai tabel
  5. Fill; untuk memformat warna latar
  6. Protection; untuk memproteksi pemformatan yang anda lakukan agar tidak di ubah oleh orang lain
  • Pilih tab Font, ditampilkan pilihan pengaturan Font sbb:
  1. Font: untuk memilih jenis font
  2. Font Style: untuk memilih gaya cetah font
  3. Size: untuk memilih ukuran font
  4. Under line: untuk memilih jenis garis bawah
  5. Color: untuk memilih warna font
  6. Effects: untuk memilih posisi cetak font pada baris
  7. Preview: untuk melihat pra cetak dari pilihan pengaturan
  • Pilih tab border (jika diperlukan), ditampilkan pilihan mengatur border
  1. Line Style: untuk memilih jenis garis border
  2. Presets dan Border untuk memilih jenis border
  3. Color: untuk memilih warna garis border
  • Pilih tabl Fill (jika diperlukan), akan ditampilkan pilihan pengaturan latar

  1. Becground Color: untuk memilih warna latar
  2. Fill Effects: untuk memberi warna bias
  3. More Color: untuk memilih warna selain yang ditampilkan pada pilihan becground color
  4. Pattern Style: untuk memilih jenis arsiran
  5. Pattern Color: untuk memilih warna garis arsiran
  6. Sample: untuk melihat pra cetak dari pengaturan latar
  • Pilih tab Aligment, ditampilkan pilihan mengatur tata letak text pada range
  1. Text Aligmen: untuk mengatur tata letak tex pada range baik secara Horizontal maupun secara vertical
  2. Text control Wrap text: untuk mengatur agar text yang melebihi lebar kolom, digeser ke baris dibawahnya
  3. Tex control Srink to fit: untuk mengatur agar ukuran text menyesuaikan dengan lebar kolom
  4. Tex control Marge cell: untuk mengabungkan cell cell yang berada pada range menjadi satu cell
  5. Orientation: untuk mengatur kemiringan text
Hati hati menggunakan perintah Marge, karena semua cell yang tergabung dalam range akan digabung menjadi satu cell. Untuk itu, block lah terlebih dulu range yang membutuhkan penggabungan cell saja, sebelum memberikan perintah Marge
  • Pilih tab Number ( jika perlu), ditampilkan pilihan mengatur tampilan data numerik sbb:
Pada jendela tab Number, tersedia 12 pilihan memformat data numerik
General, untuk mengembalikan tampilan data numerik yang pernah diformat ke tampilan umum
Number, untuk mengubah tampilan bilangan ke Koma Style sbb:

  1. Decimal Places, untuk menentukan berapa digit angka di belakang koma
  2. Use 1000 separator(,), untuk memberi tanda pemisah berupa tanda koma setiap kelipatan seribuan
  3. Negatif Number, untuk memilih jenis tanda yang menandai jika bilangan dimaksud adalah bilangan negatif
  4. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Currency, untuk mengubah tampilan bilangan ke Mata uang, dimana lambang mata uangnya rapat kanan sbb:

  1. Decimal Places, untuk menentukan berapa digit angka di belakang koma
  2. Syimbol, untuk memilih lambang mata uang yang akan digunakan
  3. Negatif Number, untuk memilih jenis tanda yang menandai jika bilangan dimaksud adalah bilangan negatif
  4. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Accounting, untuk mengubah tampilan bilangan ke Mata uang, dimana lambang mata uangnya rapat kiri sbb:

  1. Decimal Places, untuk menentukan berapa digit angka di belakang koma
  2. Syimbol, untuk memilih lambang mata uang yang akan digunakan
  3. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Date, untuk mengubah tampilan tanggal sbb:
  1. Locale (Localition); untuk memilih negara, mis; Indonesia
  2. Type; untuk memilih jenis tampilan tanggal
  3. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Time; untukmengubah tampilan waktu
Percentage; untuk mengubah bilangan ke porsentase
Fraction; untuk mengubah bilangan yang kecil dari nol menjadi bilangan pecahan
Scintific; untuk mengubah bilangan ke bentuk exponen (perpangkatan ilmiah)
Text; untuk menjadikan data numerik sebagai data label
  • Akhiri kegiatan memformat anda dengan mengklick tombol OK
Pada kondisi tertentu, pemformatan menyebabkan lebar kolom tidak lagi sesuai. Untuk itu atur kembali lebar kolom tabel anda

MENYIMPAN DAN MEMBUKA BUKU KERJA

Setelah beraktifitas, tentunya buku kerja anda perlu di simpan, dokumen yang pernah disimpan mungkin akan dibuka kembali untuk melanjutkan pekerjaan yang terbengkalai, atau mungkin anda ingin bekerja pada buku kerja yang baru lagi. Semua itu dapat dilakukan dengan mudah.

Menyimpan dengan nama file baru:

  • Klik ikon Save As, akan ditampilkan jendela dialog Save As

  • Klick tanda panah pada kotak dialog Save in untuk memiilih lokasi penyimpanan mis; May Documment atau Data(D;)
  • Klik ikon Create New Folder yang terletak di sebelah kanan kotak Save in untuk mebuat folder baru, dimunculkan jendela dialog New Folder.
  • Pada kotak dialog Name, ketikan nama folder (mis; Badu) dan tekan tombol OK, maka pada kotak dialog Save in, muncul folder dengan nama Badu
  • Pada kotak dialog File Name, ketikkan nama file anda mis; Tugas 1
  • Klik tombol Save, buku kerja anda akan di simpan
Perhatikan Title atau Status lembar kerja anda!!!,
Buku kerja Book 1 telah diganti dengan nama Tugas 1. Artinya, sekarang yang aktif adalah Microsoft Excel dengan nama file Tugas 1, dimana file tersebut terletak pada folder Badu

Menyimpan ke file yang aktif:
  • Klick icon Save, buku kerja anda lansung di simpan
Sebaiknya anda sering sering mengklik icon Save ini untuk melakukan penyimpanan agar hasil pekerjaan anda tidak hilang sekiranya ada gangguan seperti listrik mati tiba-tiba atau komputer anda bermasalah.

Mengaktifkan bubu kerja yang pernah di simpan:
Adakalanya anda berkeinginan untuk mengaktifkan kembali buku kerja yang pernah anda simpan untuk suatu keperluan seperti melajutkan pekerjaan yang belum selesai, prosedurnya adalah sbb:
  • Klik icon Open, akan ditampilkan jendela dialog Open
  • Klik tanda panah pada kotak dialog Look in, untuk mencari lokasi penyimpanan dokumen anda
  • Double klick, folder dokumen anda
  • Double klick, file dokumen anda

Membuka buku kerja baru:

Berkemungkinan setelah menyimpan buku kerja yang anda kerjakan, anda ingin bekerja pada buku kerja yang baru. Untuk itu anda harus membuka buku kerja yang baru yang masih kosong, caranya sbb:

  • Klik ikon New

Anda akan ditampilkan buku kerja baru yang masih kosong.

Perhatikan title atau Status bar!!!. Terlihat sekarang namanya adalah Book … dengan lembar kerja yang aktif adalah Sheet 1

MENGAKTIFKAN MICROSOFT EXCEL

Pengantar

Microsoft Excel merupakan keluarga dari Microsoft Ofice, adalah salah satu program atau perangkat lunak pengolah angka yang populer saat ini, lebih unggul dibanding dengan program pengolah angka sebelumnya seperti ( Lotus 123)

Microsoft Excel biasa juga disebut Spreadsheet berbasis Windows sekarang semakin berkembang dari versi 2003 menjadi versi 2007 malah sudah muncul lagi versi 2010, digunakan untuk mengolah data khususnya yang bersifat angka antara lain:

· Perhitungan

· Proyeksi data

· Analisis data

· Grafik

· Laporan /presentasi data

Program pengolah angka Microsoft Excel memiliki beberapa persamaan menu, cara operasi, dan ikon-ikon shortcut dengan Microsoft Word, sehingga pemahaman terhadap Microsoft Word yang dipelajari pada semester sebelumnya merupakan modal dasar untuk mengoperasikan Microsoft Excel.

Mengaktifkan Microsof Excel

Untuk bisa bekerja dengan microsoft excel, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan program microsoft excel tersebut. Adapun caranya adalah sbb:

Apabila pada desktop komputer anda terdapat shortcard Microsoft Excel, yaitu icon berlambang huruf X

  • Double klick shortcart Excel tersebut
atau
  • Klick kanan shortcart Excel tersebut
  • Pilih perintah Open
Apabila pada destop computer anda tidak terdapat shortcard Microsoft Excel, berkemungkinan shortkard tersebut terdapat pada halaman Start, lakukan langkah berikut:

  • Klik tombol ”Start”
  • Klick shortcart Excel tersebut

Apabila pada halaman Start juga tidak ditemukan shortcard exel, lakukan langkah berikut:

  • Klik tombol ”Start”
  • Pilih All Program
  • Pilih Microsoft Ofice
  • Pilih Microsoft Ofice Exel

Selanjutnya program Microsoft excel diaktifkan sekaligus ditampilkan buku kerja baru.


Menutup Microsoft Excel:
Apabila anda ingin mengakhiri kegiatan dan ingin menutup program, caranya adalah sbb:
  • Klik tombol Cloce ( tanda silang merah yang ada di sudut kanan atas buku kerja) . Jika buku kerja itu belum anda simpan mungkin karena lupa, maka akan dimunculkan dialog yang mempertanyakan apakah dokumen ini akan disimpan atau tidak
  • Untuk sementara ini pilih No, namun lain waktu jika anda sudah melakukan aktivitas pada buku kerja anda, anda dapat memilih Yes dan pekerjaan anda akan disimpan.

Jumat, 26 November 2010

MEMASUKKAN DATA EXCEL

Pengertian Data

Data excel adalah apa saja yang menjadi isi suatu cell, secara umum data excel dikelompokkan dalam 2 jenis, yaitu; Data Label dan Data Numerik

Data Label: adalah data berupa text yang tidak dapat dioperasikan secara matematika, biasanya dimulai dengan huruf, termasuk tanda baca dan simbol simbol serta angka yang bercampur huruf. Ciri cirinya adalah; setelah data dimasukkan ke suatu cell, posisi data tersebut di dalam cell rapat kiri

Data Numerik: adalah data berupa angka yang dapat diolah secara matematika, biasanya dimulai angka 0 s/d 9, dan (= atau +) khusus untuk mengawali rumus /formula matematika/ fungsi atau ( - ) khusus bilangan negatif. Ciri cirinya adalah; setelah data dimasukkan ke suatu cell, posisi data tersebut di dalam cell rapat kanan

Jenis data Numerik adalah sbb;

  1. Jeneral; yaitu berupa bilangan biasa
  2. Number; yaitu berupa bilangan dengan pengaturan khusus seperti berapa digit dibelakang koma, ditandai dalam kelipatan seribuan ataupun ditandai sebagai bilangan negatif
  3. Currency; yaitu berupa mata uang dengan lambang mata uang rapat kanan
  4. Accounting; yaitu berupa mata uang dengan lambang mata uang rapat kiri
  5. Date; yaitu berupa tanggal
  6. Time; yaitu berupa waktu
  7. Percentage; yaitu berupa bilangan dalam persentase
  8. Fraction; yaitu berupa bilangan dalam pecahan
  9. Scientific; yaitu berupa bilangan dalam exponen

Memasukan data label

  • Tempatkan pointer pada salah satu cell, atau aktifkan salah satu cell, misalnya B1 ( klik B1)
  • Ketikan suatu data berupa label, mis; Nama Siswa
  • Periksa kebenaran hasil ketikkan anda
  • Tekan tombol Enter,
Perhatikan:
  • Panjang text tidak mengikuti Lebar kolom, jika pada cell disamping kanannya dimasukkan lagi data yang lain maka text yang melebihi lebar kolom akan ditimpa. Untuk mengatasi hal ini aturlah lebar kolom dari cell dimaksud

  • Posisi data di dalam cell rapat kiri
  • Posisi pointer (cell yang aktif) ditampilkan pada kotak Indikator Cell
  • Apa saja yang anda ketikkan pada cell yang aktif, ditampilkan pada kotak Indikator Formula
  • Untuk data label, yang ditampilkan indikator formula akan sama dengan yang terlihat pada cell
  • Sebaiknya sebelum anda menekan tombol Enter, perhatikan dengan seksama kebenaran data anda pada kotak Indikator Formula agar anda tidak repot memperbaikinya

Memasukan data numerik

  • Klik cell tempat memasukkan data
  • Ketikan suatu data numerik mis; 345678
  • Tekan tombol Enter
Perhatian
  • Posisi data di dalam cell rapat kanan
  • Yang anda ketikkan pada cell akan ditampilkan pada indikator formula
  • Jika yang diketikan pada cell berupa bilangan lebih dari 10 digit, maka tampilan cell akan berubah dalam bentuk exponen
  • Jika yang diketikkan berupa rumus, yang ditampilkan pada cell adalah hasil dari rumus tersebut

  • Tampilan cell juga tidak akan sama dengan tampilan indikator formula, apabila data pada cell tersebut telah diformat. mis; data berupa bilangan 20 rumus pada cell B1, di format ke data berupa mata uang rupiah
  • Apabila pada cell ditampilkan tanda pagar, ini menunjukkan bahwa kolom pada cell dimaksud kurang lebar, aturlah lebar kolom cell tersebut.

Ketentuan memasukkan data numerik:
  • Pengetikan data numerik tidak boleh bercampur huruf , tanda baca (kecuali rumus, fungsi, bil desimal, waktu dan tanggal), maupun spasi. Jika bercampur maka dianggap sebagai data label, posisi text di dalam cell akan rapat kiri dan tidak bisa diolah secara matematika
  • Tanda koma pada data berupa bil desimal, diketikkan tanda titik (.) Mis (85,25) cara Indonesia, diketikkan 85.25
  • Data berupa tanggal dimasukan dengan pola MM/DD/YY. Mis; untuk tanggal 1 Desember 2008 diketikkan 12/01/08. Selanjutnya tampilan tanggal dapat diformat
  • Data berupa waktu. Mis; pukul 7 lewat 30 menit 15 detik, maka diketikkan 07:30:15
  • Data berupa mata uang, diketikkan angkanya saja, selanjutnya diformat ke mata uang
  • Data berupa percent dan pecahan, diketikkan bilangan desimal, selanjutnya di format ke percent atau ke pecahan
  • Pengetikan rumus/ formula/ fungsi harus diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+)
Seringkali terjadi kesalahan pengetikan dalam memasukan data. Data yang salah tersebut tentu perlu di ganti atau di perbaiki.

Mengganti data

  • Klik cell yang datanya akan diganti (mis; Nama Siswa )
  • Ketik data baru (mis; Daftar Pegawai)
  • Tekan tombol enter, sekarang Nama Siswa sudah diganti dengan Daftar Pegawai

Memperbaiki data

Misalkan data ‘Daftar Pegawai ‘ ternyata salah, yang benar adalah ‘Data Pegawai’

  • Klik sel yang datanya akan diperbaiki
  • Tempatkan kursor di kotak Formula Bar
  • Perbaiki data
  • Tekan ente
Cara lain:

  • Klik sel yang datanya akan diperbaiki
  • Tekan tombol F2 pada key boart
  • perbaiki data pada cell dimaksud
  • Enter

Dengan demikian, untuk menghemat waktu, jika ada data atau formula yang salah ketik, cukup diperbaiki bagian yang salah saja, jangan di ganti semua.
Mengatur lebar kolom secara manual:
  • Tempatkan kursor di sebelah kanan garis batas kolom sehingga kursor berubah bentuk menjadi tanda panah kiri kanan.
  • Klick dan drag, ke kiri untuk mempersempit kolom dan ke kanan untuk memperlebar kolom


MENAMPILKAN PERINTAH YANG TERSEMBUNYI

Microsoft excel memiliki lebih 20 tollbar atau group, namun secara defoult hanya ditampilkan beberapa toolbar atau group saja. Pada masing masing toolbar atau group terdapat beberapa icon.

Kadangkala kita membutuhkan toolbar maupun icon tertentu untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Untuk itu toolbar maupun icon yang masih tersembunyi dapat kita tampilkan maupun disembunyikan kembali jika tidak diperlukan lagi.

Untuk mempercepat proses pengerjaan suatu pekerjaan, sebaiknya dalam memilih perintah-perintah yang akan digunakan, ikuti hirarki berikut;

  • Klik kanan mous pada cell atau range atau objek yang membutuhkan suatu perintah, akan ditampilkan kotak dialog yang berisi beberapa perintah, pilih perintah yang anda butuhkan. Jika tidak tersedia perintah yang dibutuhkan, lanjut dengan .....
  • Pilihlah perintah atau icon yang diperlukan melalui toolbar yang telah ditampilkan. Jika tidak tersedia perintah yang dibutuhkan, lanjut dengan .....
  • Klik salah satu Menu atau Tab, akan ditampilkan beberapa perintah, pilih perintah yang anda butuhkan. Jika tidak ditemukan, klik menu lainya.
  • Seandainya anda akan sering menggunakan icon atau perintah tertentu, tetapi icon tersebut tidak terdapat pada toolbar yang telah ditampilkan (masih tersembunyi), maka ikon tersebut sebaiknya anda tampilkan terlebih dulu dan selanjutnya anda dapat menggunakan lansung tanpa perlu mencarinya lagi
  • Seandainya beberapa icon yang anda butuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan berada pada toolbar yang masih tersembunyi, toolbar tersebut sebaiknya anda tampilkan terlebih dulu, misalnya toolbar Chart sangat dibutuhkan untuk mengedit grafik anda.

Menampilkan ikon pada excel 2003

  • Klik kanan pada sebarang icon, ditampilkan kotak dialog
  • Pilih Costumize, ditampilkan jendela dialog Costumize
  • Pilih tab Commands,
  • ditampilkan daftar ikon ikon untuk masing masing cetegories

  • Cari ikon yang akan ditampilkan melalui kotak Categories dan Commands.
  • Misalnya pada kotak categories pilih Insert dan temukan icon Simbol pada kotak command
  • Klik dan drag icon icon yang anda butuhkan ke samping menu Help
  • Klik tombol Cloce pada jendela dialog jika selesai

Menyembunyikan icon pada excel 2003

  • Klik kanan pada sebarang icon
  • Pilih Costumize
  • Klik kanan ikon yang akan disembunyikan,
  • Ditampilkan jendela dialog
  • Pilih Delete
  • Klik tombol Close
Menampilkan Icon pada Exel 2007:
  • Klic kanan pada sebarang icon, akan ditampilkan kotak dialog
  • Pilih Customize Quick Access Toolbar, ditampilkan kotak dialog

  • Cari dan pilih icon yang anda butuhkan
  • Klick tombol Add
  • Klick tombol OK
Menyembunyikan icon pada excel 2007
  • Klick kanan pada icon yang akan di sembunyikan, ditampilkan kotak dialog
  • Pilih Remove Quick Access Toolbar

Kamis, 25 November 2010

PERINTAH-PERINTAH PADA MICOROSOFT EXCEL

Untuk mengoperasikan Microsof Excel, seftware ini telah menyediakan banyak sekali fasilitas berupa perintah perintah. Perintah perintah tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya secara umum yang biasa kita sebut dengan Menu atau Tab (pada excel 2007).
Selanjutnya guna memudahkan pengguna, perintah perintah tersebut ditampilkan berdasarkan kelompok perintah untuk keperluan tertentu. Baris perintah ini biasa juga disebut dengan Toolbar atau Group (excel 2007). Misalnya toolbar Formating, berisi perintah perintah untuk keperluan memformat tex atau angka.

Sebagian besar dari perintah perintah tersebut ditampilkan dalam bentuk lambang atau icon, dengan demikian anda tinggal klik icon nya dan perintah lansung di jalankan atau di eksekusi sehingga sangat membantu dalam kecepatan pengoperasian software.

Tidak semua perintah ditampilkan di buku kerja, namun perintah perintah yang tersembunyi dengan mudah dapat ditampilkan jika anda butuhkan atau disembunyikan kembali.

Berikut adalah perintah-perintah yang sering digunakan :



Rabu, 24 November 2010

MENGENAL BUKU KERJA MICROSOFT EXCEL

Mari kita identifikasi bagian bagian penting dari area buku kerja microsoft excel tersebut sebagai berikut:

Catatan gambar:
Gambar diatas adalah tampilan buku kerja Exel 2003, bagi anda yang sudah memiliki Exel 2007 tidak perlu ragu karena perbedaanya hanya pada tampilan Menu Bar dan Tool Bar saja
Menu Bar dapat disamakan dengan Baris Tab, sedangkan Tool Bar dapat disamakan dengan Group pada exel 2007
Sebagai perbandingan, gambar buku kerja exel 2007 ditampilkan di bagian akhir posting ini

Penjelasan Gambar:
Tabulasi:
Adalah baris yang menampilkan lembar kerja.
Buku kerja baru, secara defoult terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet) namun dapat ditambah jika diperlukan. Lembar kerja yang sedang aktif adalah Sheet yang warnanya lebih gelap.
Agar lebih mudah dalam pemahaman, anda bayangkan saja Workbook itu sebuah buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Kita dapat menulis dihalaman pertama (sheet 1), halaman 2 ( sheet 2 ), halaman 3 ( sheet 3 ) dan seterusnya.
Bukunya disebut Workbook dan halaman – halamannya disebut Sheet, dan halaman aktif yang sedang atau akan ditulisi disebut dengan lembar kerja (Worksheet)

Lembar kerja:
Adalah tempat kita menulis atau beraktifitas dengan microsoft excel.
Setiap lembar kerja (Worksheet ), terdiri dari 256 kolom dan 65536 baris. Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C, D ……sampai IV, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,…. sampai 65536.

Name Box :
Adalah tempat menampilkan nama cell yang sedang aktif, terlihat nama cell yang aktif adalah A1. Cell adalah perpotongan antara baris dan kolom , diberi nama menurut nama kolom dan namor baris pada lokasinya.
Contohnya Cell A1, berarti cell tersebut terletak pada perpotongan antara kolom A dan baris 1.

Pointer:
Menunjukan posisi cell atau range yang aktif.
Range adalah sekumpulan cell yang berdekatan yang berbentuk persegi panjang.
Pointer berbentuk persegi panjang yang pinggirnya bergaris tebal

Indikator Formula;
Adalah tempat untuk melihat apa yang diketikkan pada suatu Cell. Melalui Indikator Formula ini kita juga dapat mengedit apa yang telah diketikkan pada cell yang aktif tersebut. Indikator Formula akan kosong apabila Cell atau pointer berada dalam keadaan kosong .

Control Menu:
Biasa juga disebut baris judul, menampilkan proggram yang sedang aktif. Terlihat program yang sedang aktif adalah Microsoft Excel

Title Bar:
Menampilkan nama dokumen/ file yang sedang aktif. Terlihat dokumen yang aktif pada gambar adalah Book 1. Nama Bok 1 ini akan muncul secara otomatis pada saat kita mengaktifkan microsoft Excel pertama kali dan jika dokumen ini disimpan dengan nama lain, maka pada title bar akan muncul nama dokumen/ file yang disimpan tersebut.

Menu Bar:
Adalah baris menu yang berisi nama nama menu yang dimiliki oleh microsoft exlel

Tool Bar:
Adalah baris tools yang berisi perintah perintah yang dapat digunakan secara lansung. Perintah perintah tersebut ditampilkan dengan lambang lambang (icon)

Status Bar :
Adalah baris dokumen dokumen yang pernah diaktifkan, dengan mengklik dokumen tersebut anda akan berpindah dari dokumen yang satu ke dokumen yang lainnya

Scroll Bar ;
Adalah tempat kita mengulung lembar kerja. Scroll bar sebelah kanan untuk mengulung lembar kerja ke atas atau ke bawah, sedang scrollbar yang berada di bawah yaitu di sebelah kanan Tabulasi, untuk menggulung lembar kerja ke kiri atau ke kanan