SELAMAT BERGABUNG

SELAMAT BERGABUNG, MULAILAH DENGAN MEMILIH TOPIK YANG ANDA BUTUHKAN

Sabtu, 24 Juli 2010

PERKEMBANGAN JARINGAN INTERNET

Perkembangan teknologi internet tidak terlepas dari perkembangan jaringan komputer. Internet itu sendiri pertama kali dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat melalui program ARPANet yang bersifat rahasia yang pada awalnya hanya ada 3 komputer yang saling berhubungan di Utah, Amerika Serikat.
Pada awalnya komputer dioperasikan secara sendiri sendiri, kemudian dengan bantuan perangkat keras berupa ethernet cart yang dipasang pada setiap komputer, dan sebuah switch atau Hub, beberapa komputer seperti pada komplek perkantoran, gedung dan sekolah, dapat dihubungkan sedemikian rupa sehingga komputer komputer tersebut dapat saling berkomunikasi membentuk pola kerja kelompok (workstation) Jaringan seperti ini disebut dengan Local Area Network (LAN)

Dengan terwujudnya jaringan LAN maka orang orang tidak lagi sibuk kesana kemari untuk memperoleh data yang diperlukan karena LAN menawarkan kemudahan pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya secara cepat, murah dan akurat.


Selanjutnya dengan bantuan pemancar, saluran telekomunikasi, modem dan router, suatu LAN juga dapat saling mengirim dan menerima informasi sehingga dapat berkomunikasi dengan LAN- LAN yang lainnya di lingkup suatu kota . Jaringan seperti ini disebut dengan MAN (Metropolitan Area Network). Orang orang tak perlu lagi berkunjung ke kantor lainya untuk memperoleh informasi yang diperlukan


Dengan konsep yang sama, akhirnya jaringan MAN yang satu juga berhubungan dan berkomunikasi dengan MAN yang lainnya, tidak hanya sebatas antar kota tetapi dapat mencapai antar pulau, antar negara bahkan antara benua. Jaringan komputer ini disebut dengan Wide Area Network (WAN)




Akhirnya WAN yang satu juga saling berkomunikasi dengan WAN-WAN yang lainnya sehingga terbentuklah jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar serta mendunia.
Selanjutnya jaringan ini sepakat menggunakan aturan atau protokol yang sama yakni TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol), yakni semacam protokol yang mengatur tentang:
  • format data yang diijinkan,
  • penanganan kesalahan (error-handling),
  • lalu lintas pesan,
  • dan standar komunikasi lainnya.
Jaringan computer berskala luas dan besar yang menggunakan aturan TCP/IP inilah yang kita sebut dengan internet.

Dengan bantuan ISP (Internet Serfice Profider) akhirnya semua komputer baik yang digunakan secara indifidu maupun kolompok (net work) akhirnya bisa mengakses internet.
Sekarang ini, mengakses internet, disamping menggunakan saluran telephon juga dapat melalui jaringan tanpa kabel atau (nirkabel) melalui telephon seluler dan melalui Wireless Aplication Protocol ( WAP).



Demikianlah garis besar perkembangan internet, dan dengan mudahnya sekarang komputer anda dapat terhubung dan berkomunikasi dengan komputer lainnya kapan saja dan di mana saja di belahan bumi ini


1 komentar: